Kamis, 26 Agustus 2010

Teman Sebaya dan Fungsinya


Menurut Santrock (2003:219) Yang merupakan teman sebaya (peers) adalah anak – anak atau remaja dengan tingkat usia atau tingkat kedewasaan yang sama. Kelompok teman sebaya adalah lingkungan sosial pertama dimana remaja belajar untuk hidup bersama dengan orang lain yang bukan anggota keluarganya. ( Mapiare, 1982:157).

Fungsi Kelompok Teman Sebaya
Pada banyak remaja, bagaimana mereka dipandang oleh teman sebaya merupakan aspek yang terpenting dalam kehidupan mereka. Beberapa remaja akan melakukan apapun, agar dapat dimasukkan sebagai anggota. Untuk mereka dikucilkan berarti stress, fustasi, dan kesedihan.
Interaksi teman sebaya dengan usia yang sama memainkan peranan yang unik pada masyarakat amerika serikat. Perbedaan usia tetap akan terjadi walaupun pembagian kelas di sekolah tidak berdasarkan usia maupuan jika para remaja dibiarkan untuk menentukan sendiri komposisi dari lingkungan sosial mereka. Salah satu fungsi utama dari teman sebaya adalah untuk menyediakan berbagai informasi mengenai dunia di luar keluarga. Dari kelompok teman sebaya, remaja menerima umpan balik mengenai kemampuan mereka. Remaja belajar tentang apakah apayang mereka lakukan lebih baik, sama baiknya, atau bahkan lebih buruk dari apa yang akan dilakukan remaja lain (Santrock, 2003:273)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda menuliskan komentar Anda tentang tulisan diatas di sini